Penyesalan-Penyesalan Manusia Di Akhirat Nanti

Tuesday, July 31, 2018

300718-1

Judulnya serem banget ngga? Hahaha... Alhamdulillah aku berhasil mengusir setan malas untuk update blog ini. Lagi-lagi aku minta di doakan supaya tetap rajin update blog nya ya. InsyaAllah kali ini punya tujuan baru. Yaitu mau sharing beberapa ilmu yang ku dapatkan ketika datang ke kaijan. Bismillah. Semoga Allah catat ini untuk jadi bekal pahala ku nanti.

Jadi kemarin itu aku berkesempatan hadir di kajian yang materinya diberikan oleh Ustadz Agus Hendra. Tema nya adalah mengenai Penyesalan-Penyesalan Manusia Di Akhirat Nanti. MasyaAllah, isi kajiannya bagus banget. Makanya aku langsung mau share nih disini. Berikut catatan dariku. Kalau ada teman-teman yang mau mengkoreksi atau menambahkan dipersilahkan ya di kolom comment. Supaya kita sama-sama belajar :)

PENYESALAN-PENYESALAN MANUSIA DI AKHIRAT NANTI

Jangan kan di akhirat. Di dunia saja kita sering menyesal. Misalnya, ketika kita salah lewat jalan, salah mengambil keputusan, dan salah-salah lainnya. Maka dari itu, orang lalai itu baru tau dia lalai setelah semuanya sudah terjadi.

Apakah kamu tau? Orang yang paling merugi daripada orang mati adalah orang yang membuang-buang waktu. Kenapa? Karena jika kita mati, urusan kita yang terputus adalah urusan dari dunia saja. Tapi kalau buang-buang waktu, kita terputus dari الله dan terputus juga dari akhirat.

KALIMAT PENYESALAN YANG TERTULIS DI DALAM AL-QURAN

Di dalam Al-Quran ada kalimat يَا لَيْتَنِي kalimat tersebut identik dengan kalimat penyesalan.

1. Andaikan dahulu aku hanyalah tanah (QS. An-Naba 78:40)
إِنَّا أَنْذَرْنَاكُمْ عَذَابًا قَرِيبًا يَوْمَ يَنْظُرُ الْمَرْءُ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ وَيَقُولُ الْكَافِرُ يَا لَيْتَنِي كُنْتُ تُرَابًا
Sesungguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (hai orang kafir) siksa yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya; dan orang kafir berkata: "Alangkah baiknya sekiranya aku dahulu adalah tanah".


Orang kafir yang meninggal nanti nya akan menyesal sampai mereka berharap andaikan dulu di dunia mereka hanyalah tanah. Karena di akhirat nanti mereka akan melihat binatang saja di hisab. Apalagi manusia? Semua yang ada di diri dan di hati kita nantinya akan dihisab. Makanya kita harus bersiap-siap. Karena apa yang ada didiri kita nantinya semua akan dihisab.

Diakhirat nanti kita akan ditanya 5 pertanyaan:
  • Umurmu kau gunakan untuk apa?
  • Masa mudamu untuk apa?
  • Hartamu darimana kau dapatkan?
  • Hartamu bagaimana kau gunakan?
  • Apa yang sudah kau amalkan dari ilmu yang kau peroleh?

Dengan mati urusan kita belum selesai. Karena kita manusia akan ada surga atau neraka. Semua akan ada perhitungan nantinya.

2. Andaikan dahulu aku mengerjakan amal shalih
يَقُولُ يَا لَيْتَنِي قَدَّمْتُ لِحَيَاتِي
Dia mengatakan: "Alangkah baiknya kiranya aku dahulu mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini". (QS Al-Fajr 89:24)

Orang sholeh ketika meninggal dia akan sedih karena amalannya tidak bisa bertambah lagi.
Orang sholeh saja bisa menyesal. Apalagi kita? Makanya mumpung masih ada waktu, bersegeralah melakukan amal sholeh. Apa saja yang kita bisa. Jangan sampai kita terjebak disituasi yang begitu-begitu aja.

Untuk itu setiap berdoa, teruslah meminta "ihdinaa alshshiraatha almustaqiima" اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ. Ya الله tunjukkan kami jalan yang lurus. Sehingga kita bisa selalu istiqomah.

Ada 2 sebab kenapa orang keluar dari hidayah:
A. Karena dia tidak minta di kokohkan dalam hidayah. 
Sering-seringlah berdoa seperti ini:
 يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ 
"YAA MUQALLIBAL QULUUB TSABBIT QALBII 'ALAA DIINIK (Wahai DZAT yang membolak balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu)."

B. Karena dia tidak bersyukur mendapatkan hidayah dari الله. Cara bersyukur yang pertama adalah dengan membaca Al-Quran. Bacalah tafsirnya. Jadi kita mengerti maksudnya.
Cara bersyukur yang kedua adalah dengan menuntut ilmu. Karena ilmu adalah hidayah. Ketiga, ajak teman-teman untuk mendapatkan hidayah. Jangan pernah takut untuk menyebarkan kebaikan. 

  • Siapa yang meninggalkan perdebatan. Walaupun dia salah, dia akan mendapatkan rumah dipinggir surga. Dan siapa yang meninggalkan perdebatan walaupun dia benar. Dia akan mendapatkan rumah ditengah surga. Untuk itu, dalam menyebarkan kebaikan kita harus ikhlas dan sabar.

3. Kami adalah orang-orang yang yakin

وَلَوْ تَرَىٰ إِذِ الْمُجْرِمُونَ نَاكِسُو رُءُوسِهِمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ رَبَّنَا أَبْصَرْنَا وَسَمِعْنَا فَارْجِعْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا إِنَّا مُوقِنُونَ
Dan, jika sekiranya kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): "Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin". (QS. As-Sajdah 32:12)

Maksud dari kami telah melihat dan mendengar adalah orang-orang tersebut sudah melihat dan mendengar neraka dan surga. Makanya mereka ingin dikembalikan ke dunia. Tapi itu semua sudah terlambat. Untuk itu kita sudah harus dari sekarang meyakini akan adanya hari perhitungan nanti. 


4. Bukankah telah datang peringatan?
وَهُمْ يَصْطَرِخُونَ فِيهَا رَبَّنَا أَخْرِجْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا غَيْرَ الَّذِي كُنَّا نَعْمَلُ ۚ أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيرُ ۖ فَذُوقُوا فَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ نَصِيرٍ
Dan mereka berteriak di dalam neraka itu: "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan". Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun. (QS Fatir (35): 37)

Makanya kalau hijrah harus ikhlas. Kalau tidak ikhlas nanti akan ada ujian. Dan ujian hijrah pun hanya di depannya saja. InsyaAllah kedepannya akan lebih mudah.

Kita harus sering menggunakan otak kita untuk berpikir karena Allah sudah memberikan peringatan-peringatan. Antara lain:
1. Al-Quran
2. Diutusnya Nabi Muhammad SWT
3. Usia 40 Tahun (jika usia kita sudah masuk usia 40. Tandanya usia kita sudah panjang. Makanya harus semakin banyak beribadah sebelum terlambat)
4. Uban. Jangan cabut uban. Karena itu adalah peringatan untuk kita.
5. Sakit (demam). Kita harus bersyukur kalau diberi sakit. Bisa menghindarkan kita dari api neraka
6. Meninggalnya orang-orang terdekat


DIANTARA PENYESALAN-PENYESALAN MANUSIA

1. Penyesalan pada waktu datang kematian
حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ
(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: "Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), (QS Al-Mu’minun 23:99)


لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ ۚ كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا ۖ وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ


agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan. (QS Al-Mu’minun 23:100)

Tanda haji mabrur (ini salah satu ciri orang soleh juga sih menurutku)
  • Suka bersedekah (kasih makan)
  • Perkataannya baik

Cari amalan sholeh yang banyak supaya bisa membantu kita di akhirat nanti. Kalau bisa, anak kita nanti, Al-Fatihah nya harus kita yang mengajarkan. Karena itu akan dia baca terus menerus sepanjang hidupnya.

Jangan khawatirkan rezeki anakmu. Khawatirkan agama anakmu.

Kebanyakan yang kita tau anak bisa memberi syafaat. Tapi ternyata, di dalam surat At Thur (52) ayat 21. Orang tua bisa memberikan syafaat kepada anak.
وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ ۚ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ
Dan orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.


2. Penyesalan karena Tidak Mengikuti Rasul
يَوْمَ تُقَلَّبُ وُجُوهُهُمْ فِي النَّارِ يَقُولُونَ يَا لَيْتَنَا أَطَعْنَا اللَّهَ وَأَطَعْنَا الرَّسُولَا
Pada hari ketika muka mereka dibolak-balikan dalam neraka, mereka berkata: "Alangkah baiknya, andaikata kami taat kepada Allah dan taat (pula) kepada Rasul". (QS Al Ahzab 33:66)

Dalam beribadah itu harus ada tuntunannya. Jangan kreatif. Ikuti rosul. Tanda cinta kita kepada الله adalah dengan mengikuti rosul.

Jadilah orang yang menghidupkan sunnah rosul. Belajar yang banyak sunnah nabi. Karena dikatakan bahwa, Manusia terbaik adalah manusia yg menghidupkan sunnah rosul. 

Ketika sujud perbanyak minta maaf kepada الله. Karena posisi hamba yang terdekat dengan الله adalah ketika sujud.

1000 amalan sunnah (katanya ada bukunya. Aku mau cari sih). Amalan sunnah ada banyak, cari tau, pahami kegunaannya untuk apa dan amalakan.

3. Penyesalan Karena Mempunyai Teman Yang Salah
يَا وَيْلَتَىٰ لَيْتَنِي لَمْ أَتَّخِذْ فُلَانًا خَلِيلًا
Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan itu teman akrab(ku). (QS Al-Furqan 25:28)

لَقَدْ أَضَلَّنِي عَنِ الذِّكْرِ بَعْدَ إِذْ جَاءَنِي ۗ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِلْإِنْسَانِ خَذُولًا
Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Quran ketika Al Quran itu telah datang kepadaku. Dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia. (QS Al-Furqan 25:29)


4. Penyesalan ketika didatangkan kitab
وَوُضِعَ الْكِتَابُ فَتَرَى الْمُجْرِمِينَ مُشْفِقِينَ مِمَّا فِيهِ وَيَقُولُونَ يَا وَيْلَتَنَا مَالِ هَٰذَا الْكِتَابِ لَا يُغَادِرُ صَغِيرَةً وَلَا كَبِيرَةً إِلَّا أَحْصَاهَا ۚ وَوَجَدُوا مَا عَمِلُوا حَاضِرًا ۗ وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا
Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: "Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun". (Al-Kahfi 18:49)

Kitab yang dimaksud disini adalah kitab amalan kita. Semua serba dicatat secara detil. Walaupun الله mengampuni dosa kita. Dosa kita tetap tercatat di kitab. Tujuannya supaya manusia jangan sombong. 

Beruntung orang yang memiliki kebiasaan tobat dan istigfar. Itu adalah sebaik-baiknya amalan.
Istigfar paling baik waktu sahur.


وَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِشِمَالِهِ فَيَقُولُ يَا لَيْتَنِي لَمْ أُوتَ كِتَابِيَهْ
Adapun orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kirinya, maka dia berkata: "Wahai alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepadaku kitabku (ini). (QS Al-Haqqah 69:25)

يَا لَيْتَهَا كَانَتِ الْقَاضِيَةَ
Duhai, *andaikan* kematian itu menyelesaikan segala sesuatu (QS Al-Haqqah 69:27)


مَا أَغْنَىٰ عَنِّي مَالِيَهْ 
Hartaku tidak memberi manfaat kepadaku sama sekali (QS Al-Haqqah 69:28)


هَلَكَ عَنِّي سُلْطَانِيَهْ
Telah hilang kekuasaanku dariku (QS Al-Haqqah 69:29)

5. Penyesalan Ketika Diperlihatkannya Neraka
وَجِيءَ يَوْمَئِذٍ بِجَهَنَّمَ ۚ يَوْمَئِذٍ يَتَذَكَّرُ الْإِنْسَانُ وَأَنَّىٰ لَهُ الذِّكْرَىٰ
“Dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahannam; dan pada hari itu ingatlah manusia, akan tetapi tidak berguna lagi mengingat itu baginya. 


يَقُولُ يَا لَيْتَنِي قَدَّمْتُ لِحَيَاتِي
Dia mengatakan “Alangkah baiknya kiranya aku dahulu mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini (QS Al Fajr 89:24)

Didalam hidup ini, jangan lupa untuk selalu berdoa “Ya الله masukkan aku kedalam surga. Dan jauhkan aku dari neraka”

6. Penyesalan ketika berdiri dihadapan neraka
وَلَوْ تَرَىٰ إِذْ وُقِفُوا عَلَى النَّارِ فَقَالُوا يَا لَيْتَنَا نُرَدُّ وَلَا نُكَذِّبَ بِآيَاتِ رَبِّنَا وَنَكُونَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ
“Dan jika kamu (Muhammad) melihat ketika mereka dihadapkan ke neraka, lalu mereka berkata: “Kiranya kamu dikembalikan (ke dunia) dan tidak mendustakan ayat-ayat Tuhan kami, serta menjadi orang-orang yang beriman”, (tentulah kamu melihat suatu peristiwa yang menghatukan). (QS Al-An’am (6):27)


بَلْ بَدَا لَهُمْ مَا كَانُوا يُخْفُونَ مِنْ قَبْلُ ۖ وَلَوْ رُدُّوا لَعَادُوا لِمَا نُهُوا عَنْهُ وَإِنَّهُمْ لَكَاذِبُونَ
 Tetapi (sebenarnya) telah nyata bagu mereka kejahatan yang mereka dahulu selalu menyembunyikannya. Sekiranya mereka dikembalikan ke dunia, tentulah mereka kembali kepada apa yang mereka telah dilarang mengerjakannya. Dan sesungguhnya mereka itu adalah pendusta belaka. 
(QS Al-An’am (6):28)

Sering-seringlah instrospeksi diri. 
Hati-hati dengan kesombongan.
Karena ada orang yang sering beramal soleh tapi masuk neraka. Dan ada yang sering berbuat dosa tapi masuk surga. Hal itu disebabkan karena orang yang beramal soleh tersebut sombong dengan kesolehannya. Dan yang berdosa masuk surga dikarenakan taubatnya.

7. Penyesalan ketika dimasukkan kedalam neraka
Terdapat dalam surat Al Ahzab (33) 66-68

يَوْمَ تُقَلَّبُ وُجُوهُهُمْ فِي النَّارِ يَقُولُونَ يَا لَيْتَنَا أَطَعْنَا اللَّهَ وَأَطَعْنَا الرَّسُولَا
Pada hari ketika muka mereka dibolak-balikkan dalam neraka, mereka berkata ‘Alangkah baiknya *andaikan* kami taat kepada الله dan taat (pula) kepada Rasul.


وَقَالُوا رَبَّنَا إِنَّا أَطَعْنَا سَادَتَنَا وَكُبَرَاءَنَا فَأَضَلُّونَا السَّبِيلَا
Dan mereka berkata; “Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah mentaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kamu dari jalan (yang benar).


رَبَّنَا آتِهِمْ ضِعْفَيْنِ مِنَ الْعَذَابِ وَالْعَنْهُمْ لَعْنًا كَبِيرًا
Ya Tuhan kami, timpakanlah kepada mereka azab dua kali lipat dan kutuklah mereka dengan kutukan yang besar

Seorang pemimpin akan mendapat azab 2x

Penting bagi kita untuk mendoakan suami untuk kesolehannya. Karena pemimpin pasti akan dimintai pertanggung jawabannya.

Jangan persibuk dirimu ketika waktu sholat mau datang. Ada baiknya bersiap-siap menyambut sholat. Terutama yang laki-laki. Sholat lah di mesjid karena pahalanya banyak sekali. Apalagi kalau sholat subuh berjamaah di mesjid.

Jadilah di dunia ini layaknya orang asing atau pengembara.
Perjalanan kita pendek. Tetapi akhirnya sangat panjang. 

Jika engkau berada pada waktu sore maka jangan menunggu hingga pagi, dan jika engkau berada pada waktu pagi maka jangan menunggu hingga sore. Manfaatkan masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu. Manfaatkan masa hidupmu sebelum datang kematianmu.

Terakhir, jika kita tidak bisa bersaing dengan orang soleh dengan amalan baiknya. Maka bersainglah kita dengan para pendosa dengan taubat dan istighfarnya.

300718

Sekian rangkuman yang bisa ku bagi dari kajian kemarin. Semoga kita bisa sama-sama mengambil ilmunya ya.

Love,
Ayu Pratiwi

Leave a comment

New Me

Monday, March 19, 2018


Assalamualaikum semua :)

Alhamdulillah akhirnya aku bisa berkesempatan untuk update lagi di blog ini.

Ini adalah postingan pertama ku di 2018. Buat kalian yang mengikuti aku dari sosial media seperti instagram, youtube ataupun twitter pasti tau deh ada perubahan besar apa yang aku alami.

New Me 2018

Disini aku cuma mau menyapa teman-teman yang mungkin "follow" blog aku ini. Makasi banyak ya udah selalu setia bacain tulisan aku yang kadang ngalor ngidul dan kadang bener ini. Harap bersabar. Aku sebenernya udah buat 1 video untuk di youtube yang kurang lebih menceritakan bagaimana aku bisa berproses sampai saat ini.

Sebenarnya aku belom nonton juga sih video itu jadinya kayak apa dan apakah cukup lengkap atau ngga (curiganya ga lengkap soalnya emang ga scripted pas shooting nya HAHAHA). Jadi ditunggu aja ya video nya. Saat ini aku lagi sibuk "edit" semua jejak online ku dulu ni. Alhamdulillah yang di blog udah "bersih". Jadi jangan heran kalau ada banyak postingan yang hilang dan postingan terakhir yang muncul adalah postingan dari tahun 2015.

Bantu doa nya ya smoga aku bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi tiap hari nya. Amin!

I'll be back abis bersih-bersih Facebook, Twitter dan Youtube. Ugh. Perjalanan masih panjang banget. InsyaAllah dihitung pahala ya sama Allah. Amin YRA!

1 Comment

Hijab Challenge by Clozette

Monday, June 29, 2015


Hijab Challenge by Clozette

Hi semua! Gimana puasa nya? Semoga lancar selalu ya! Postingan kali ini saya buat semata-mata mau memberikan informasi mengenai kontes yang sedang diadakan oleh Clozette Indonesia.

Kontes yang diadakan mulai dari tanggal 15 Juni 2015 - 09 Agustus 2015 ini berhadiah Umroh loh! Asik banget kan?

1 Comment

Japan Diary 2015: Osaka

Thursday, May 28, 2015


Japan Diary Osaka

Hallo! Akhirnya sampai juga saya di Japan Diary 2015 yang terakhir! Mudah-mudahan di tahun berikutnya saya bisa ke Jepang lagi ya! Amin YRA!

Osaka. Kota terbesar ke 2 setelah Tokyo. Ibaratnya kayak Bandung lah kalau di Indonesia. Secara tata letak, Osaka lumayan dekat dengan Kobe, Kyoto dan Nara. Jadi kalau kamu jalan sendiri kesini, kamu nginep nya di Osaka aja! Trus bisa naik shinkansen ke kota-kota tetangga. Cepat dan lebih ga repot kalau menurut saya. Ga perlu pindah-pindah hotel.

Leave a comment

Japan Diary 2015: Mt Fuji, Fushimi Inari Shrine and Kyomizu Temple

Wednesday, May 20, 2015


Japan diary kali ini saya mau kasih photo diary dari 3 tempat yang saya kunjungi. Mount Fuji, Fushimi Inari Shrine dan Kyomizu Temple. Saya mengunjungi 3 tempat ini di 2 hari yang berbeda. Tentunya kamu tidak asing dong dengan ke 3 tempat yang saya kunjungi ini? Harusnya sih ngga asing lagi ya. Ke 3 tempat ini kan tempat nge-top nya Jepang! :D

Japan Diary Mt Fuji - Fushimi Inari Shrine - Kyomizu Temple 3

Di ceritakan kalau Gunung Fuji ini adalah seperti seorang perempuan. Dia cantik dan juga malu-malu. Kenapa malu-malu? Karena tidak setiap orang bisa beruntung untuk melihatnya secara jelas. Terkadang gunung ini suka ditutupi kabut yang membuat kecantikannya tertutup. Saya lagi kurang beruntung nih kemarin. Pas saya datang gunung fuji nya malu. Akhirnya saya cuma bisa naik sampai di pemberhentian ke 4 (puncak nya di station ke 5). Apakah ini pertanda saya perlu kembali lagi lain waktu? #PalingBisa
Yang menarik perhatian saya ketika menuju Gunung Fuji ini ada 2 hal. Cerita mengenai banyaknya warga Jepang yang bunuh diri di kawasan ini dan jalanannya yang bisa ada suara musiknya ketika di lewati mobil. Tidak disepanjang jalan kok suara musik ini dapat terdengar. Hanya dibeberapa titik saja. Kata nya sih supaya pengendara mobil tidak mengantuk saat di jalan. Saya cuma mikir kalau lewat malem-malem agak serem juga sih ya.

Leave a comment

« Older Posts

Find Something

Copyright © 2014. Template by Ayupratiwi. Powered by Blogger.