Movie Review: Jack Ryan: Shadow Recruit

Thursday, January 16, 2014

Source: Here
Pertama-tama, saya mau berterima kasih sama sodara saya yang baik hati mas @imam_wibowo dan Universal Pictures yang sudah membuat saya bisa menyaksikan film Jack Ryan: Shadow Recruit ini duluan! Ihiy!

Awalnya saya mengira kalau film Jack Ryan: Shadow Recruit ini akan bercerita tentang perekrutan secara diam-diam orang-orang yang dianggap berpotensi untuk menjadi anggota CIA atau semacamnya. Tapi ketika melihat trailernya, saya tau kalau film ini berbeda.

Film yang diadaptasi dari buku best-seller karya Tom Clancy ini menurut saya baguuuuusss!! Kebetulan film kesukaan saya ya yang berjenis action. Dan film ini sebagian besar adegannya adalah adegan action. Tapi tidak hanya action melulu kok. Film ini romance nya juga kental dan berasa banget.

Opening Jack Ryan: Shadow Recruit diawali dengan set sekolah ekonomi London dimana John Patrick Ryan (Chris Pane) bersekolah. Dalam opening film ini penonton dibuat penasaran dengan kejadian apa yang membuat John Ryan bertekad untuk mengabdi kepada negaranya. 18 bulan kemudian Jack Ryan berada dalam sebuah misi di Afganistan sebagai seorang marinir. Sayangnya, helikopter yang ditumpangi dia dan teman-temannya di tembak jatuh.

Pada masa recovery setelah kecelakaan ini lah Jack Ryan pertama kali bertemu dengan Cathy (Keira Knightley) seorang mahasiswi kedokteran tingkat lanjut. Tidak hanya bertemu dengan Cathy. Pada masa ini dia juga diawasi oleh William Harper (Kevin Costner) seorang anggota CIA yang mengikuti sepak terjang Jack Ryan. Akhirnya, Harper merekrut Jack Ryan untuk menjadi anggota CIA. Sebagai analis di Wall Street dengan perhitungan bahwa kedepannya teroris akan menyerang Amerika  Serikat melalui bidang ekonomi.

Kisah pun berlanjut, 10 tahun kemudian, apa yang di perhitungkan oleh Harper terjadi. Jack Ryan menemukan kejanggalan pada transaksi bisnis seorang pebisnis Rusia bernama Viktor Cheverin (Kenneth Branagh) yang akhirnya membawa Jack Ryan pergi ke Moscow untuk menyelidikinya. Sesampainya Jack Ryan di Moscow kejanggalan pun terjadi. Dari sinilah Jack Ryan yang tadinya hanya seorang analis CIA berubah status menjadi agen lapangan andalan CIA.

Nah, kurang lebih cerita nya seperti itu. Seru ngga? Saya sih suka! Seperti biasa, disetiap film pasti saya punya karakter favorit. Di film ini favorit saya jatuh kepada Viktor Cheverin yang diperankan oleh Kenneth Branagh. Dia itu keren banget banget! Kenneth Branagh bermain antagonis dengan sangat baik sekali. Kesan antagonis yang dia perankan terasa kuat sekali dibeberapa adegan walaupun adegan tersebut tidak memerlukan dialog. Ekspresinyaaaaa.... :O

Di film ini Keeneth Branagh bukan hanya berakting. Tapi merangkap juga sebagai sutradara. Ini bukan film pertama yang di sutradarai nya. Sebelumnya Branagh juga menyutradai film Thor. Yang menurut saya menarik dari film ini selain para pemainnya dan cerita nya yang menarik, shot atau pengambilan gambar di film ini juga tidak kalah keren. Suka banget dengan pengambilan-pengambilan gambar yang ada. Bikin saya pengen ke Moscow juga lagi! Ini bukan karena saya tukang jalan ya. Tapi memang pengambilan gambarnya bagus!

Nilai saya untuk film ini? Dari skala 1-10. Saya pilih 8,5!

Semoga review yang ala kadarnya ini bermanfaat yaa.. Kalau tidak salah film nya keluar dibioskop hari ini deh di Jakarta. Kalau di Amerika sendiri sih tanggal 17 Januari keluarnya.

Have a good day all!

2 responses to Movie Review: Jack Ryan: Shadow Recruit

  1. Rian Sibaranii says:

    Hello Ayu.
    i finally watched it too.
    well trnyata Lorenzo DiBonaventura yg jadi produsernya yaa. film yg dia produseri lumayan bagus2.
    1. aku setuju ttg Branagh, aksen Russia-nya wahh bisa ya dia. klo ga salah bukan org Russia kann.
    2. pemeran wanitanya hmm Keira trlalu kurus hahaha, tp yaahhh bukan pilihan yg buruk. mungkin Emily VanCamp (Revenge) atau Melanie Laurent (Inglorious Basterds) lebih pas :-p
    3. aku juga suka gaya ngambil scene di mana ada text utk ks tau ini scene di kota mana. stylenya sperti alm Tony (Man On Fire cmiiw) dan Ridley Scott (Black Hawk Down).

    well overall bagiku 7 is enough.

    thanx :-)

  2. shadow says:

    tapi sayang tom clancy tak sempat melihat hasil karyanya diadaptasi dalam film.., waktu kematian dan adaptasi novel ini ga terlalu jauh kalau ga salah..

Find Something

Copyright © 2014. Template by Ayupratiwi. Powered by Blogger.