Productive Day

Tuesday, February 18, 2014

Source: Here
Hi!

Lagi-lagi saya khilaf dan banyak absen di blog. Huft.

Iya. Tau kok udah beberapa kali saya suka rajin-males-rajin-males nulisnya. Maaf ya. Sungguh deh. Disiplin sama diri sendiri itu susah. Apalagi ngelawan mood. *langsung curhat*

Pernah ga sih kamu ngerasa banyak banget sebenernya yang harus kamu lakukan tapi saking banyaknya yang harus kamu lakukan kamu jadi malah ga ngapa-ngapain? Biasanya sih karena bingung mulai dari mana dan perhatiannya jadi beralih ke hal lain yang membuat plan awal malah jadi tertunda dan hari nya terbuang begitu saja! Hahaha.. *iya, ini curhat lagi* :p

Sebenarnya mengenai hari terbuang begitu saja tidak sepenuhnya benar sih. Harinya tidak terbuang. Yang ada hanya hari nya menjadi tidak produktif dan tidak efektif. Nah, kali ini saya mau membuat rencana bagaimana membuat hari menjadi lebih produktif. Yup. Plan untuk diri saya sendiri tapi saya bagi secara luas. Biar saya inget juga kalau lupa.

1. Membuat to-do list. Ini merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai hari yang lebih produktif. Apalagi kalau orang nya lupa-an. Dengan membuat to do list. Kamu akan dengan mudah mengingat apa saja hal-hal yang harus kamu kerjakan. To do list yang kamu buat pun bisa beragam. To do list harian atau pun to do list rencana-rencana kamu.

2. Selesaikan tugas yang termudah terlebih dahulu. Untuk poin yang ini saya yakin akan ada pro dan kontra nya. Beberapa orang menganggap lebih baik menyelesaikan yang tersulit dahulu. Tapi buat saya, akan lebih baik menyelesaikan yang termudah dan tercepat terlebih dahulu. Alasannya sih sederhana, agar list pekerjaan yang harus dilakukan dapat berkurang jauh lebih cepat dan membuat kita makin semangat untuk segera menyelesaikan semua pekerjaan yang tersisa.

3. Bangun pagi. Yep. Bangun pagi termasuk dalam hal penting buat saya dalam membuat hari saya lebih produktif. Saya termasuk orang yang sangat mencintai tidur, tapi ntah kenapa ketika saya bangun pagi dan sudah langsung melakukan aktifitas apapun itu, saya langsung merasa hari saya akan berjalan dengan baik dan produktif!

4. Istirahat. Jangan terlalu memaksakan diri untuk langsung menyelesaikan semua tugas yang ada sekaligus. Beristirahat lah yang cukup. Bagaimanapun setiap manusia kan punya batas nya masing-masing. Tau kapan harus berhenti ataupun beristirahat adalah kunci kepada keseimbangan hidup. Kalau sakit sudah pasti tidak akan bisa produktif kan?

5. Hindari aktifitas yang membuat ketagihan. Nah, ini penting buat orang-orang yang punya addict terhadap sesuatu. Kalau saya, saya sangat suka bermain game. Kalau sudah main game udah deh, lupa semuanya. Bisa bikin kita terlambat melakukan sesuatu atau bahkan sampai membatalkan yang sudah seharusnya kita lakukan saat itu. Ada baik nya kita berhati-hati terhadap aktifitas yang membuat kita susah lepas seperti ini.

6. Reward. Ga ada salahnya kok kita memberikan diri kita sendiri hadiah setiap kali kita menyelesaikan suatu pekerjaan. Hadiah disini juga tidak selamanya harus berupa barang yah. Misalnya kita telah bekerja keras selama 8 jam penuh, kita bisa memberikan diri kita hadiah berupa 1 jam santai bermain game atau pun melakukan hal lainnya yang membuat kita senang dan relax.

7. Disiplin. Semua hal kembali ke diri kita. Mau atau tidak membuat hari nya menjadi lebih produktif. Kalau kita mau berusaha membuat hari kita produktif dan kita disiplin. Pasti tidak ada hal yang tidak mungkin.

8. Tell your friends. Saya tau hanya kita yang bisa membuat dan menentukan hari kita akan produktif atau tidak, tapi ada baiknya juga kita memberi tau teman kita mengenai rencana-rencana kita. Teman yang baik pasti akan membantu kamu untuk mengingat semua rencana-rencana kamu. Dengan memberi tau teman kamu mengenai semua rencana kamu juga pasti menjadi motivasi tersendiri kan? Malu dong kalau udah bilang-bilang terus ngga dilakuin! :)

Nah, sampai saat ini baru 8 poin nih yang bisa saya buat. Kira-kira cukup membantu tidak? Kamu punya masukan lain untuk membuat hari kamu lebih produktif? Feel free to leave a comment yaa!

Have a productive day all!

8 responses to Productive Day

  1. saifil says:

    Keep writing darl. love to read your thought. hehe... *peace* :p

  2. Dedy says:

    Halo kak ayu... Salam kenal. Mau nanya aja.. Kak ayu pernah main sinetron yg diputer di trans tv agak lama sih kyknya, waktu itu kakak pake baju seragam sma.. Judulnya apa ya kak? Pgn tw aja.. Thx. Sukses selalu

  3. Bintania says:

    Saya suku point #3 .. Bangun Pagi ..
    Sebab pagi itu indah & penuh berkah ..
    Apalagi buat muslim/muslimah .. bangun pagi itu kewajiban.
    Jadi .. kalo mo lembur .. lembur lah pagi-pagi ...
    Insya Allah lebih produktif

  4. Nata says:

    Mbak ayu bener, mbak ayu produktif banget yah, masih juga sempat ngeblog, Salut. Respect.

  5. hafiz says:

    nice write

  6. benk says:

    satu yang kurang mba,,,,keep pray to ALLAH SWT, kesalahan kita hanya berkecimpung dalam urusan duniawi tanpa memikirkan akhiratnya kelak, Produktif mampu memberikan kebahagian buat diri sendiri keluarga dan orang lain....

  7. Angga Mudjianto says:

    mantaaaappp..kalo aku setuju sama poin nomor 2, mulai menyelesaikan dari yang mudah dulu..why? secara psikologis(padahal saya bukan psikolog), semakin cepat kita menyelesaikan pekerjaan yang mudah, bisa membuat mental kita jadi makin percaya diri.. soalnya ga ada pekerjaan yang ga mungkin bisa diselesaikan..hehehehe..jadi mau sulit kayak apapun juga,aku yakin pasti bisa selesai..

    anyway, jarang posting foto lagi nih mba?

  8. Erik Aritonang says:

    Setuju dengan apa yang tertulis di atas

Find Something

Copyright © 2014. Template by Ayupratiwi. Powered by Blogger.