Pattaya Trip

Friday, January 2, 2015

Pattaya Trip 6

Seperti yang saya ceritakan dipostingan Burning Red saya. Saya kemarin sempat melakukan perjalanan ke negeri tetangga. Negeri tetangga yang saya maksud adalah Thailand. Saya mengunjungi Bangkok dan Pattaya selama hampir 1 minggu. Ini merupakan pertama kali nya saya pergi ke Thailand.
Setelah mengumpulkan info kiri dan kanan akhirnya berangkat lah saya bersama Bunda dan 2 orang tante saya. Kebetulan dalam perjalanan kali ini saya ditunjuk sebagai tour guide dan semua jadwal selama di sana dipercayakan kepada saya.

Sejujurnya yang saya tau mengenai bangkok itu adalah Bangkok sama saja seperti Jakarta (dan memang betul) sedangkan Pattaya itu seperti Bali (memang kurang lebih begitu).

Yang mau saya ceritakan kali ini adalah kegiatan selama saya di Pattaya. Awalnya saya sudah pesimis sama Pattaya. Pertama, kata teman saya Bali jauh lebih asik. Kedua, saya bukan tipe cewek yang suka ke pantai. Ketiga, ketika saya cari informasi mengenai Pattaya kok kayaknya biasa aja ya. Lebih bagus laut Indonesia kemana-mana pikir saya waktu itu.

Apa mau dikata, Bunda saya request untuk nginep di Pattaya. Jadi saya harus cari akal untuk menghabiskan waktu di Pattaya.

Dari Bangkok menuju Pattaya ada banyak cara yang bisa ditempuh. Mulai dari naik bus sampai sewa mobil. Kalau saya? Saya sewa Taxi. Biaya yang dikenakan untuk satu kali perjalanan adalah sebesar 2000 Baht. Kalau ada yang mau berangkat ke Bangkok dalam waktu dekat bisa menghubungi taxi driver yang saya sewa. Nama nya Mr Pongtap. No telepon nya 0800802449 (bisa diawali dengan 01166xxx jika menelpon dari nomer internasional). Orang nya sopan dan baik. Dia juga bisa berbicara bahasa Inggris sedikit dan kalau ngomong sama dia pelan-pelan ya jangan cepat-cepat.

Sekedar saran, kalau berangkat ke Bangkok nya lebih dari 3 orang dan hanya ingin berputar-putar di Bangkok nya saja, lebih baik kemana-mana nya naik taxi. Nyaman dan jatuh nya cuma beda sedikit dibandingkan naik kereta. Apalagi tuk-tuk. Naik tuk-tuk bisa sama saja mahalnya dengan Taxi. Kalau untuk di Pattaya, kalau mau pergi yang jauh dari sekitar jalan utama dekat pantai mau tidak mau memang akan naik taxi. Kalau hanya diseputaran pantai nya saja sih bisa naik mobil yang seperti angkot disini. Bayar nya hanya 10 baht saja dengan jarak jauh atau dekat.

Oh iya, taxi yang dibawa Mr Pongtap itu mobilnya Innova dan masih baru. jadi enak naiknya. Tampilan luarnya tuh kayak ini:

Source Here

Kalau untuk mobil yang seperti angkot di Pattaya itu bentuknya seperti ini:

Source: Here

Kembali lagi keperjalanan saya. Dari bangkok menuju Pattaya waktu yang ditempuh tidak sampai 2 jam. Kebetulan saya jalan saat hari Jumat waktu itu. Jadi tidak terlalu macet. Kalau sabtu dan minggu sih kondisi jalan akan macet kata Mr Pongtap.

Sesudah check in hotel, saya masih lanjut pergi makan siang dan tetap berkeputusan untuk menyewa taxi. Per jam nya saya dikenakan biaya 250 baht. Tujuan saya jatuh kepada 3 tempat. Laser Budhha, Siverlake Vineyard dan juga ke Pattaya View Point.

Alasan saya ke tempat-tempat ini cukup simple, untuk foto-foto!

Diperjalanan menuju Siverlake Vineyard Mr Pongtap dengan semangat menyarankan agar saya turun dan berfoto-foto dulu di Virharnra Sien. Tempat yang lumayan menarik, tapi saya dan keluarga hanya memutuskan untuk berfoto-foto didepannya saja tanpa masuk kedalam.

Pattaya Trip
Note: Kalau mau masuk kedalam perlu bayar

Setelah melewati Virharnra Sien akhirnya saya sampai ditempat tujuan saya yang pertama, Laser budha.

Pattaya Trip 2

Banyak yang mengenal tempat ini sebagai laser buddha atau pun juga dengan sebutan buddha image Khao Chee Can. Kenapa begitu? Jadi proses pembuatan gambar budhha ini bisa dibuat dengan cara dipahat disebuah bukit dengan tinggi kurang lebih 130 meter dan lebar 70 meter. Agak susah pembuatannya karena untuk membuat gambar ini bukit nya perlu di belah dulu baru setelah itu dibuat konstruksinya. Setelah konstruksi nya jadi, mereka memahatnya dengan laser. Pekerjaan memahat dengan laser ini dilakukan pada malam hari supaya terlihat. Setelah itu baru dihaluskan kembali oleh pemahat-pemahat secara manual. Tidak sampai disitu saja, proses penyelesaian buddha image ini ditutup dengan men-cat pahatan yang sudah ada dengan warna emas. Susah banget ya? Hihihi..

Selain bukit bergambar buddha ini, disekeliling nya juga ada taman dan danau buatan. Ada beberapa orang yang kesini untuk melihat-lihat saja (seperti saya) dan ada juga yang berdoa. Jangan khawatir, untuk datang kesini tidak ditarik biaya apapun kok.

Pattaya Trip 3

Okay, lanjut ke tempat berikutnya! Selanjut nya saya ke Silverlake Vineyard. Tepatnya tidak jauh dari laser buddha yang sebelumnya saya kunjungi. Sebelahan saja.

Silverlake vineyard adalah sebuah perkebunan anggur yang dibangun oleh mantan artis terkenal Thailand, Supansa Nuangphirom. Saat saya tiba disini waktu nya sudah sore sekali. Jadi nya saya hanya bisa menikmati keindahan tempat ini hanya sebentar. Di sini sebenarnya banyak yang bisa dilakukan, duduk santai di coffee shopnya, naik mobil untuk keliling perkebunan (untuk yang ini perlu bayar) ataupun belanja di outlet nya. Saran saya untuk datang kesini adalah antara jam 3 sore sampai jam 6 sore (waktu tutup) jadi tidak terlalu panas.

Pattaya Trip 4
Pattaya Trip 5
Pattaya Trip 7
Pattaya Trip 8

Lanjut lagi yuk, tempat terakhir adalah pattaya view point. Saat sampai disini suasana sudah mulai gelap. Ada untungnya juga sih. Saya jadi bisa melihat suasananya dari matahari terbenam lalu berganti malam yang kemudian suasana dipenuhi lampu-lampu. Dari Pattaya view point ini kamu juga bisa menemukan monumen Prince Of Jumborn, bapak angkatan laut Thailand. Tidak sedikit juga orang yang berdoa dan menancapkan hio sebagai tanda penghormatan disini.

Pattaya Trip 9
Pattaya Trip 10
Pattaya Trip 11

Sekian sedikit cerita saya dari perjalanan Pattaya nya. Semoga bisa jadi referensi tambahan kamu kalau ada yang belum tau!
Have a good day!

4 responses to Pattaya Trip

1. Been there once with my friends. And planning to go there again with my family. Such a beautiful city. Tp emang kerenan Bali sih. Btw, ngga ntn Tiffany show atau alcazar? seru tuh..hehehe

2. M Yusuf says:

The most beauty I admire of you....

3. Well, terima kasih buat tulisannya. Mau jalan kesana juga h - 3 hari tapi belom tau mau kemana aja waktu di pattaya :D

salam pandu aji

Find Something

Copyright © 2014. Template by Ayupratiwi. Powered by Blogger.